Bagaimana Kita Menanggapi Anak yang Kecanduan Gadget?

Anak kecanduan gadget nampaknya sudah tidak aneh lagi untuk dirasakan saat ini. Tapi, pernah tidak sih sebagai orang yang lebih tua kita menyadari  bahwa dia sudah kecanduan? Atau bisa jadi kecanduannya akan gadget ini tidak pernah kita sadari bahkan mengakuinya. Mungkin malah kita memakluminya sebagai suatu aktivitas biasa yang umumnya orang lakukan. Padahal sebenarnya kita lah yang membuatnya kecanduan gadget. Lebih parahnya kita tidak pernah mau tahu bahwa si anak kecanduan gadget pada tahap yang mengkhawatirkan.

Anak kecanduan gadget ini biasanya terjadi semenjak dia sudah diperkenalkan gawai saat usia dini. Pengenalan gawai ini bukan hanya dalam bentuk ketika orang tua memberikan fasilitas gadget untuk bermainnya saja. Melainkan ketika ada suatu aktivitas yang dia lihat dari orang tuanya ketika berinteraksi dengan gadget pun bisa menjadi sarana pengenalan baginya. Sayangnya, banyak orang tua yang mungkin tidak menyadari akan tahap pengenalan dengan car aini.

Tanda Anak Kecanduan Gadget

Salah satu tanda dapat kita amati ketika ia sedang makan. Apakah dia makan sambil memainkan gadget atau tidak? Atau mungkin dia menaruh gadget di dekatnya ketika melakukan aktivitasnya atau tidak? Hal ini adalah cara yang paling mudah diamati untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kecanduan gadget si anak.

Jika saat makan si anak sambil bermain gadget, maka hal pertama yang perlu disadari adalah bahwa orang Taunya lah yang menstimulusnya untuk melakukan pembiasaan tersebut. Sudahkah kita mengintrospesi diri akan kesalahan pengasuhan yang dilakukan kepada anak? Mari kita ingat kembali, saat dia masih sangat kecil apakah kita pernah mengajarinya makan sambil bermain gadget?

Cara ini merupakan salah satu langkah andalan orang tua dalam mengatasi anak yang GTM (Gerakan Tutup Mulut). Padahal berawal dari sinilah sampai dia semakin di tahap yang mungkin mengkhawatirkan.Menurut salah satu dokter spesialis anak yang sekaligus psikolog, menggunakan gadget sebagai bentuk pengalihan perhatian agar mau makan adalah suatu perilaku yang tidak sehat.

Hal ini karena saat menonoton gadget maka ada hormone tertentu yang terstimulus sehingga menimbulkan efek kecanduan. Utamanya apabila saat dia makan lalu tidak ada gadget maka dia tidak mau makan. Padahal momentum makan bersama seharusnya dijadikan sebagai kesempatan untuk merekatkan bonding antara orang tua dan anak. Seharusnya kita menggantikan gadget dengan suasana makan yang membahagiakan baginya atau mengganti ritme makannya agar ia tidak kecanduan gadget.

Mengatasi anak kecanduan gadget untuk usia di atas tujuh tahun maka cara terbaiknya adalah dengan mengajaknya berbicara. Salah satu efeknya adalah ia menjadi lebih mudah emosional dan berperilaku kasar. Jika hal tersebut yang terjadi pada anak kita, maka sudah saatnya orang tua untuk mengatur lamanya penggunaan gadget pada anak. Apabila sudah berada pada tahap dimana dia sampai menyakiti diri sendiri atau orang lain, maka bawalah dia ke psikolog.

Treatmen yang Dapat Dilakukan Orang Tua

  1. Mengevaluasi apakah orang tua sudah memberikan teladan yang baik kepada anak atau belum.
  2. Buatlah kesepakatan bersama dalam keluarga mengenai peraturan pemakaian gadget bagi setiap anggota keluarga.
  3. Menawarkan alternatif kegiatan lain yang dapat dilakukan si anak apabila waktu pemakaian gadgetnya dibatasi.

Itulah beberapa ulasan untuk menyadarkan orang tua akan indikasi anak kecanduan gadget dan cara mengatasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.