Cara Download dan Menjaga Kerahasiaan Kartu Vaksinasi Covid

Kartu Vaksinasi Covid kini marak diperbincangkan karena konon katanya ia akan menjadi persyaratan administrasi berbagai lini. Meskipun vaksinasi covid 19 bukanlah suatu jaminan mutlak agar terbebas dari si virus pencetusnya, namun ini mampu meminimalisir gejala parahnya. Perlu diperhatikan pula bahwa tidak semua orang bisa melakukan vaksinasi. Bahkan bagi mereka yang sudah melakukan vaksinasi di tahap pertama pun belum tentu bisa lanjut ke tahap berikutnya.

Ketika seseorang sudah mendapatkan vaksin tahap pertama maka seharusnya dia diberi kartu vaksinasi covid sebagai pendataan. Kartu vaksinasi covid itulah yang nantinya digunakan agar memperoleh vaksinasi tahap kedua.  Namun apabila setelah menerima vaksinasi ke-1 timbul gejala alergi tingkat tiga maka dia tidak diizinkan untuk tahap vaksinasi selanjutnya. Jika setelah vaksinasi tahap pertama lalu belum mendapatkan kartu vaksinasi covidnya, maka kamu sebaiknya segera memprosesnya agar bisa mendapatkannya.

Perlu untuk diingat bahwa pemberian dosis tahap ke-1 dan ke-2 harus sesuai jangka waktu yang ditetapkan yaitu berselang 28 hari. Hal ini dimaksudkan agar vaksin dapat bekerja optimal. Kartu vaksinasi ini akan diperoleh setelah seseorang sudah melakukan vaksinasi dan menerima notifikasi via sms. Kartu vaksinasi yang diperoleh secara manual memiliki fungsi yang sama dengan sertifikat vaksin yang diperoleh dari app peduli lindungi. Nomor yang tertera pada kartu vaksinasi menual juga dapat dicek di app peduli lindungi.

Kartu vaksinasi atau sertifikat vaksin ini juga dapat digunakan jika dimintai persyaratan bukti vaksinasi. Sertifikat vaksin ini juga menjadi salah satu persyaratan seseorang ketika seseorang jngin bepergian lintas daerah, terutama di masa PPKM darurat Jawa-Bali. Bagi kamu yang sudah melakukan vaksin tapi belum memgang sertifikat vaksin, maka kamu dapat mengunduhnya di app peduli lindungi.

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid 19 Via Website

  1. Bukalah sms notifikasi yang dikirimkan dari no 1199 ke ponselmu
  2. Jelajahi website peduli lindungi sesuai yang tertera pada isi sms notifikasi tersebut. Kartu tersebut akan otomatis ditampilkan dan siap untuk di download.

Cara Download Sertifikat Vaksin Covid 19 Via Aplikasi

  1. Pilihlah tombol akun di sisi kanan atas tampilan aplikasi
  2. Kliklah pilihan sertifikat vaksin
  3. Pilihlah nama lengkapmu yang tertera pada tampilan aplikasi tersebut.
  4. Download sertifikat vaksin yang kamu inginkan. Layar akan menampilkan sertifikat pertama dan keduamu. Jadi kamu bebas memilih ingin mengunduh yang mana saja.

Apabila kamu sudah memiliki sertifikat vaksin covid 19 baik melalui manual, website maupun aplikasi maka jagalah kerahasiaannya. Maksud dari menjaga kerahasiaan disini adalah dengan menggunakan sertifikat vaksin untuk kebutuhan yang penting saja. Jangan sampai kamu mengunggah sertifikat vaksinmu ke media sosial maupun tempat lainnya. Sikap kehati-hatian ini bertujuan untuk menjaga data-data pribadimu agar tidak ikut tersebar.

Selain itu hal tersebut juga salah satu bentuk untuk menghindari dari praktek pembuaatan sertifikat vaksin palsu yang sempat beredar. Kabarnya polisi telah menangkap pelaku pembuatan sertifikat palsu tersebut. Pelaku ini menjual sertifikat palsu ini melalui akun sosial medianya dan mengirimkan kartunya melalui aplikasi WhatsApp. Kedua tersangka akhirnya terancam hukuman 12 tahun penjara.

Dengan berhati-hati maka data pribadimu yang tertera di kartu vaksinasi covid akan ikut terjaga. Data pribadi yang tertera di kartu vaksin itu antara lain nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan tanggal lahir. Kenapa data itu menjadi penting? Data-data itu menjadi penting karena melalui semua itulah seseorang bisa mengidentifikasi suatu individu. Semoga kita dapat bersikap bijak untuk menjaga keamana diri kita masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.