Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Remaja

Cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja pada umumnya mulai diburu oleh para orang tua saat melihat tingkah laku anaknya mulai meresahkan. Tahukah kamu bahwa sebenarnya tidak hanya orang tua atau oran disekitar anak saja yang resah? Jika kamu berada di posisi si anak, mungkin kamu juga akan merasakan betapa resahnya mereka akan dirinya. Usia remajanya kini menuntutnya untuk bertindak lebih nalar daripada saat dia kanak-kanak dahulu.

Dalam hati kecilnya, mereka pun sedang mencari cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja. Namun, sama halnya dengan orang tua dan orang-orang disekelilingnya yang mungkin juga tidak tahu bagaimana caranya. Keresahan mereka pada masa pencariannya ini membuatnya merasa perlu untuk meluapkan keresahannya. Karena bagaimanapun setiap orang memang perlu menyalurkan setiap emosinya. Hanya saja masih banyak dari kita belum tahu cara meluapkan setiap emosi tersebut.

Treatmen untuk Pecandu Gadget

Ketika seseorang sudah mulai merasa tidak bisa jauh dari gadget, disitulah ia akan merasakan candu akan gawainya. Apapun aktivitasnya akan merasa ada yang kurang jika si gadget tak menemaninya. Ada sisi dirinya untuk menemukan cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja. Tapi, di sisi lain ada keinginan tak terbendung untuk selalu bersama dan memainkannya. Bagi remaja yang mana merupakan usia transisi dari anak ke dewasa tentunya akan bertambah bingung. Karena saat itu mereka juga sedang berada pada masa dimana mencari jatidirinya.

Cara mengatasinya bisa menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Akan tetapi juga bisa berubah menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Keberhasilan cara mengatasi ini sangat bergantung pada semua pihak. Yang paling utama tentunya tergantung pada si anak dan orang tuanya. Untuk lebih jelasnya mari simak caranya berikut ini.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Remaja

Ketika memakai gadget, seseorang cenderung akan lupa waktu. Tidak jarang yang sudah membuat daftar to do list bahkan detail sampai pembagian waktunya. Tapi ketika di realisasikan malah jauh dari target harian yang ditetapkan. Untuk itu bagi seseorang yang kecanduan gadget, dia harus mau dan mampu menyakan pada dirinya mengenai kadar pemakaian gadgetnya selama ini.

Setelah menyadari jawabannya, dia harus mau menjawab dengan jujur hal dan dampak apa yang dirasakannya ketika menghabiskan waktu selama itu bersama gadgetnya. Jawaban jujurnya ini sebaiknya tanpa distraksi dari factor luar dirinya. Setelah dia mampu menakar dan menyadari kadar kebermanfaat gadget pada dirinya. Kini peran orang tua untuk memberikan pemahaman agar dirinya sendiri mampu menakar kadar penggunaan gadget yang proporsional untuknya.

Sayangi Anak Sesuai Kebutuhannya

Jika membahas tentang rasa sayang, terkadang seseorang tidak bisa membedakan antara pemenuhan kebutuhan dan menuruti emosional. Untuk membedakan antara kedua hal tersebut tentunya setiap orang atau khususnya orang tua harus meng upgrade ilmunya. Tanpa ilmu maka mustahil dia akan memahaminya. Apalagi melakukan tindakan yang lebih jauh lagi dari itu.

Pemenuhan rasa disayangi ini dirasa menjadi cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja yang efektif bagi siapapun. Pasalnya, setiap orang akan merasa nyaman ketika dia merasa disayangi. Tapi, perlu diingat, bahwa penyampaian rasa sayang itu juga tidak boleh sembarangan. Apalagi sampai si anak malah merasa hal tersebut terlalu berlebihan atau pun dibuat-buat. Setiap dari kita tentunya menginginkan ketulusan, bukan? Maka perlakukanlah pula seperti kita ingin diperlakukan.

Itulah dua hal utama yang perlu dipraktekkan untuk cara mengatasi kecanduan gadget pada remaja. Usia remaja adalah masa dimana seseorang mulai mencari jati dirinya. Sehingga dia pun masih bingung akan dirinya. Untuk itu dampingilah dia pada masanya tersebut dengan cara yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.