Dua Cara untuk Daftar Vaksinasi Covid 19

Daftar vaksinasi covid 19 kini semakin dipermudah. Sebelum melakukan vaksinasi seseorang tentunya harus mendaftarkan dirinya. Ketika dia sudah terdaftar lalu akan ada beberapa rangkaian berikutnya sebelum akhirnya disuntikkan vaksin tersebut. Penduduk berusia lebih dari 60 tahun dan pekerja public mempunyai tempat dibarisan yang diutamakan untuk mendapatkan vaksin tahap 2. Pelaksanaan vaksinasi ini dimulai di Jakarta dan ibu kota provinsi.

Untuk peserta lansia, dapat melakukan vaksinasi sejak 20-02-2021. Vaksinasi ini dilakukan di seluruh pelosok Indonesia, namun yang paling diutamakan yaitu area Jawa dan Bali. Prioritas pada kedua pulau ini disebabkan karena diperoleh data bahwa lebih dari 65 % kasus covid 19 berasal dari kedua wilayah tersebut. Selain vaksinasai yang diprioritaskan untuk lansia, Pemerintah juga telah mempersiapkan vaksinasi untuk usia di atas 18 tahun sejak 01-07-2021.

Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan dengan dua tahap. Untuk dosis pertama dihitung sebagai 0 hari. Untuk dosis kedua dilakukan 28 hari setelah vaksinasi tahap pertama dilaksanakan. Perlu diketahui bahwa sebelum mendapatkan vaksin, maka ia harus menjawab beberapa pertanyaan untuk bahan pertimbangan dalam pemberian vaksin.

Cara Daftar Vaksinasi Covid 19

Berikut ini beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mendaftarkan diri dalam vaksinasi.

Memenuhi Syarat Daftar Vaksinasi Covid 19

Persyaratan yang dimaksudkan itu meliputi beberapa hal berikut ini.

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia dan sudah memiliki KTP. KTp ini harus dibawa saat melakukan vaksin.
  2. Berusia antara 18 sampai 49 tahun.
  3. Berada di lokasi vaksinasi minimal 15 menit lebih awal dari waktu yang telah dijadwalkan.
  4. Selalu melaksanakan prokes ketika di area vaksinasi
  5. Mampu menunjukkan bukti e-voucher untuk masuk ke area fasyankes. Evoucher ini nantinya akan digunakan untuk cerifikasi ulang oleh sistem P-care.
  6. Calon penerima vaksin wajib mendaftar agar bisa mendapatkan pelayanan sesuai yang dijadwalkan.
  7. Untuk calon penerima vaksin yang sedang menjalani perawatan kesehatan lainnya. Maka mereka diharapkan untuk mendapatkan rekomendasi dari tenaga kesehatan yang bertanggung jawab atas perawatannya.
  8. Fasyankes hanya melayani sesuai ketentuan waktu pelayanan yang ditetapkan.

Mendaftar Via Fasyankes Terderkat

Cara daftar vaksinasi covid 19 yang pertama yaitu dengan mendafatarkan secara offline di fasyankes. Fasyankes atau fasilitas layanan kesehatan terdekat yang dimaksud yaitu di Puskesmas maupun RS Pemerintah. Langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu

  1. Calon penerima vaksin harus sudah memenuhi persyaratan yang ditetapkan.
  2. Datang ke fasyankes terdekat dengan membawa dan memenuhi seluruh persyaratan.

Mendaftar Vaksinasi Via Online

Cara daftar vaksinasi covid yang kedua yaitu melalui link www.kemkes.go.id, https://vaksin.loket.com, dan aplikasi peduli lindungi. Daftar vaksinasi covid 19 pada link tersebut sudah bisa dilakukan semenjak 01-07-2021.

  1. Mengunjungi website https://vaksin.loket.com
  2. Memilih tempat untuk melangsungkan proses vaksinasi
  3. Memilih waktu kehadiran baik tanggal maupun jam
  4. Melengkapi biodata sesuai yang diminta
  5. Menunggu e-voucher yang dikirimkan oleh sistem ke e-mail serta WhatsApp
  6. Melakukan pengecekan melalui app Peduli Lindungi

Cara daftar vaksinasi covid yang semakin dipermudah oleh Pemerintah ini semoga dapat membuat program ini berjalan dengan baik. Sehingga herd immunity dapat segera terbentuk dan pandemic segera usai. Meskipun tidak semua orang mau untuk melakukan vaksin, tapi setidaknya kita tidak saling mencela. Hal ini dilakukan agar kekebalan tubuh masing-masing dariĀ  kita tetap terjaga dan akhhirnya herd immunity dapat tercipta baik oleh orang yang menerima vaksin maupun yang kekebal tubuhnya terbentuk tanpa vaksinasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.