Fitur Baru Untuk Pencarian Faskes Vaksinasi Covid

Faskes Vaksinasi Covid merupakan informasi yang saat ini sedang diburu.  Pemerintah sedang gencar-gencarnya menuntaskan target program vaksinnya agar pandemic segera berakhir. Salah satu yang dibutuhkan warga Indonesia selain vaksin adalah informasi. Informasi ini meliputi berbagai hal, misalnya info-info terkait faskes vaksinasi covid, tempat penyewaan tabung oksigen, tempat refill oksigen, pendonor plasma konvalesen, dan lain sebagainya.

Besarnya tingkat kebutuhan masyarakat akan berbagai informasi yang masih berkaitan dengan bahasan seputar covid 19 membuat penduduk mengharapkan inovasi baru Pemerintah. Rakyat Indonesia berharap agar Pemerintah peka dan tanggap akan berbagai kebutuhan masyarakatnya, terutama di masa pandemic covid 19. Pada akhirnya, kini Pemerintah mulai menjawab satu per satu kebutuhan rakyatnya terkait pemenuhan info faskes vaksinasi covid.

Untuk memudahkan warganya, Pemerintah menambah fitur baru dalam website resminya. Fitur baru itu ditujukan agar warganya dengan mudah menemukan faskes vaksinasi covid yang terdekat dengannya. Meskipun saat ini fitur tersebut baru bisa digunakan di daerah Jakarta. Namun Pemerintah tetap bersegera menyempurnakannya agar dapat digunakan untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Cara Menggunakan Fitur Pencarian Faskes Vaksinasi Covid 19

Berikut ini adalah langkah yang dilakukan ketika kamu ingin menemukan informasi terkait faskes vaksinasi covid 19. Bacalah uraian dibawah  ini agar kamu memiliki gambaran untuk mengoperasikannya.

  1. Jelajahilah laman https://covid19.go.id/faskesvaksin
  2. Tentukan lokasi vaksin terdekat denganmu ketika ingin melakukan vaksinasi.
  3. Kliklah provinsi serta kabupaten atau kota yang kamu inginkan.
  4. Pilihlah tombol cari sekarang. Secara otomatis sistem akan mencarikan data yang kamu inginkan.
  5. Sistem akan menampilkan data yang kamu inginkan dalam bentuk peta beserta informasi penunjang lainnya. Info penunjang itu berupa alamat, no hp, dan tombol arahkan untuk mendapatkan arahan agar bisa sampai temapt yang dituju. Apabila kamu memilih untuk klik tikon arahkan, maka dia akan mengarahkan sesuai alamat yang tertera.

Seperti yang dijelaskan bahwa layanan ini baru bisa melayani area Jakarta. Namun Pemerintah berjanji untuk segera mengembangkan jangkaunnya ke daerah lainnya. Selain itu, Pemerintah juga berencana untuk melengkapi dengan informasi lainnya misal mengenai jenis vaksin yang disediakan dan status ketersediaannya.

Disamping upaya sosialisasi dan memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai informasi, Pemerintah juga berpesan agar rakyat segera melakukan vaksin. Apabila rakyat bersikap kooperatif maka target penuntasan vaksinasi ini dapat segera terwujud. Ketika program tersebut telah terlaksana secara keseluruhan, maka diharapkan herd immunity akan segera terbentuk. Apabila herd immunity terbentuk maka kemungkinan pandemic untuk segera berakhir pun akan semakin besar.

Setelah menemukan lokasi faskes vaksinasi covid 19, tentunya kamu ingin memiliki gambaran terkait rangkaian pelayanan vaksinasi covid di faskes. Standar prosedur pelayanan ini sebenarnya sudah tertera di Keputusan Dirjen  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes mengenai juknisnya. Namun untuk memudahkanmu agar tidak perlu repo membuka keputusan tersebut, setelah ini akan kita ulas sepintas mengenai alur pelaksanaannya.

Mekanisme Pelayanan Vaksinasi di Faskes

  1. Calon peserta vaksin sudah registrasi ulang dan berada di lokasi vaksin setidaknya 15 menit sebelum jadwal yang ditentukan.
  2. Lakukanlah registrasi di Meja nomor satu.
  3. Setelah selesai, lalu lakukanlah screening di meja nomor dua.
  4. Kemudian, lakukanlah vaksin di meja nomor tiga.
  5. Terakhir lakukanlah pencatatan hasil vaksin
  6. Setelah semua rangkaian vaksin kamu lakukan maka kamu akan diberi kartu vaksinasi covid.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui seputar faskes vaksinasi covid 19. Semoga info diatas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.