Game Among Us Adalah Game Deduksi Sosial

Game Among Us adalah suatu ajang permainan yang memiliki konsep tentang bagaimana cara bekerjasama dengan tim sekaligus juga berpeluang sebagai penghianat. Didalam ajang permainan itu seseorang dapat berlaku sebagaimana tokoh protagonis atau lebih akrab dikenal dengan crewmate. Seseorang itu juga busa bertindak sebagaimana layaknya tokoh antagonis yang jahat, atau lebih akrab disebut dengan istilah impostor.

Game among us adalah game yang mencoba mengenalkan kita pada kondisi sesungguhnya di kehidupan nyata. Game ini seakan-akan melatih khalayak umum untuk waspada dalam menjalani kehidupan ini. Permainan yang mengambil tema ruang angkasa ini merupakan game deduksi sosial. Game deduksi sosial bertujuan untuk melatih seseorang untuk berfikir berdasarkan logikanya dan pemahaman deduktif agar bisa menyimpulkan setiap peran yang ada.

Disamping itu, ia berkesempatan untuk mengelabuhi pemain lainnya tanpa menimbulkan tanda tanya di benak mereka. Untuk memahami makna dari game deduksi yaitu kamu bisa membayangkan bahwa hanya kamuy sang tahu siapa dirimu sendiri. Salah satu hal penting yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam meraih kemenangan di game among us adalah durasi waktu yang kamu miliki untuk tetap bisa bertahan. Lamanya durasi waktu ini bisa didapatkan melalui informasi yang diberikan oleh pemain lainnya.

Game yang dirancang oleh Marcus Bromander yang mengusung genre pesta dan deduksi sosial ini mulanya tidak terlalu diminati saat ia rilis di tahun 2018. Game yang bermode pemain jamak tersebut mulai mengalami puncak kejayaannya semenjak banyaknya streamer maupun Youtuber papan atas yang memainkannya. Game among us adalah salah satu permainan yang jumlah penggunanya melonjak tajam semenjak adanya pandemic covid 19.

Game ini memiliki konsep percakapan yang hanya bisa dilakuka jika mereka saling bertatapan dan masih dalam kondisi hidup. Komunikasi yang dilakukan dalam game ini menggunakan percakapan teks. Pemain bisa mengginakan discord sebagai pengganti perbincangan suara bawaan yang tidak tersedia pada sistem tersebut. Game ini juga menawarkan banyak pilihan mengenai penaampilan pemainnya, tapi beberapa diantaranya berbayar.

Pilihan yang ditawarkan untuk penampilan pemain itu berupa beberapa opsi terkait warna, topi, dan binatang peliharaan. Selain itu juga tersedia berbagai pilihan penyesuaian di masing-masing lobinya. Opsi pilihan itu meliputi jangkauan pengamatan dan pertemuan darurat. Game ini tergolong cukup unik, karena ternyata pemain yang sudah mati akan menjadi hantu. Konteksnya yang berperan sebagai hantu membuatnya dapat tetap berinteraksi meskipun memiliki banyak keterbatasan. Ia diberikan kemampuan untuk bisa menembus dinding dan ia pemain yang masih hidup tidak bisa melihatnya.

Permainan yang mengandung unsur tebak-tebakan ini memiliki dua sisi yang cukup menarik. Kedua sisi tersebut yaitu saat dimana seseorang merasa terhibur sekaligus tertantang ketika harus menebak siapak impostor yang mengancam nyawanya itu. Di sisi lain ada pemain yang berkesimpulan bahwa menjadi orang jahat itu lebih mudah dan lebih pasti.  Hal ini dikhawatirkan akan membentuk pemahaman yang salah ketika tidak digodog dengan matang.

Game among us adalah sebuah permainan yang terkenal di beberapa negara. Beberapa negara yang dimaksud yaitu Meksiko, Brasil, Korea Selatan, dan Amerika Serikat. Game Among Us adalah game yang sempat menuai pro dan kontra ketika dimainkan oleh Angkatan Laut Anerika Serikat. Game tersebut menuai pro kontra karena saat memainkanya, mereka merujuk ke peristiwa bom Nagasaki dan menggunakan nama-nama yang terlibat dalam kejadian tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.