Kecanduan Gadget yang Harus Diwaspadai

Kecanduan gadget pada anak sudah sangat marak semenjak dirilisnya berbagai seri smarthphone. Kemudahan dalam mendapatkan smartphone pun kini semakin dipermudah. Banyak outlet yang mempermudah seseorang untuk mendapatkan smartphone idamannya. Hal inilah yang secara tidak langsung turut memiliki andil terkait maraknya kecanduan gadget pada anak. Mengapa? Karena orang tua semakin dipermudah untuk membelikan perangkat yang dapat mengalihkan perhatian anaknya agar ia bebas beraktivitas.

Namun ternyata tidak hanya terjadi pada anak-anak saja. Orang dewasa pun banyak juga yang mengalami kecanduan. Tanpa perlu dijelaskan pun orang juga akan menyadari bahwa yang mengajari anak kecil candu akan gadget adalah orang yang lebih tua. Maka dari itu sangat wajar apabila orang yang lebih tua atau dewasa juga mengalami kecanduan gadget

Hal-hal yang Membuat Kecanduan Gadget

Banyak hal yang mungkin saja menjadi penyebab seseorang yang berada pada usia matang menjadi kecanduan gadget. Beberapa hal ini merupakan hal yang mengkin menyebabkan seseorang menjadi kecanduan gadget:

  1. Hobi

Hobi yang biasanya menjadikan seseorang harus terus berinteraksi dengan gadget adalah hobinya akan bola, basket, voli, dan olahraga lainnya. Pertandingan olahraga tersebut akan membuatnya fokus untuk mengetahui info terupdate dari gadgetnya. Hobi lain yang bisa dipantau dari gadget adalah balap motor. Hobi ini juga menarik penggemarnya untuk selalu menontonnya. Yang mana waktu untuk menonton semua aktiivitas itu akan mengabaikan tugasnya di kehidupan nyata. Selain hobi di atas, hobi lainnya yang tidak asing adalah game. Game ini juga sering menghabiskan banyak waktu di depan gadget karena dia akan selalu naik ke level berikutnya.

  • Kecanduan Blue Film

Seperti yang sudah marak diperbincangkan bahwa hal terkait sex akan menjadi candu yang lebih berbahaya dari pada kecanduan narkotika. Seseorang yang sudah kecanduan blue film akan terus memenuhi hasratnya agar iya tidak kehausan akan hal tersebut. Sayangnya, semakin dipenuhi maka dia akan semakin meminta lebih dan lebih lagi. Ketika iya meminta porsi lebih inilah yang bisa menjadi penyebab seseorang kecanduan gadget.

  • Kebutuhan

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin berkembangnya teknologi maka seseorang juga membutuhkan gadget untuk menunjang aktivitasnya. Begitu juga dengan aktivitas seseorang baik dalam hal pembelajaran ataupun pekerjaan. Bagi seorang pelajar, dia akan sangat membutuhkan gadget untuk mengupas seluruh materi pembelajarannya dengan lebih mudah. Sama halnya dengan para pekerja yang membutuhkan gadget dalam pekerjaanya. Bagi para pekerja gadget akan menunjang di berbagai aspek, baik itu perencanaan, pelaksanaan, pengawasaan, dan pemasaran. Semua aktivitas itu tentunya akan memakan waktu yang cukup banyak. Yang mana hal tersebut akan menjadikan seseorang kecanduan gadget.

Efek Kecanduan

Berdasarkan penyebab di atas, dapat disimpulkan bahwa gadget memanglah suatu piranti yang sangat dibutuhkan dalam keseharian kita. Banyaknya kebutuhan akan informasi dan waktu yang dihabiskan di gadget membuat kita harus bisa memanage diri. Memanage diri dalam hal ini sangatlah penting agar kita dapat meminimalisir efek yang ditimbulkan. Beberapa efek dari kecanduan gadget yang mungkin merugikan kita, anatara lain.

  1. Hilangnya waktu bonding bersama keluarga.
  2. Pekerjaan rumah terabaikan.
  3. Keharmonisan pasangan suami istri menjadi semakin renggang.
  4. Semakin tidak bisa mengontrol diri sendiri

Ketika kita sudah kecanduan gadget maka akan banyak hal yang mungkin kita lewatkan dan nantinya kita sesali. Maka sebisa mungkin kotrolah penggunaan gadget sebelum akhirnya ia mengontrol kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.